lulus tanpa uang

Mengenal tanaman buah kelapa sawit

TANDAN BUAH SEGAR
Tanaman kelapa sawit (Elaeis Guinensis Jacq) merupakan tumbuhan tropis golongan palma yang termasuk tanaman tahunan yang berasal dari benua Afrika tepatnya di wilayah Afrika Barat dan kemudian menyebar kebenua Amerika dan Asia.
            Tanaman kelapa sawit sangat tepat ditanam di daerah tropis yaitu wilayah yang berada diantara 23 ½ o  Lintang Utara dan 23 ½ o Lintang Selatan, dengan tingkat curah hujan yang merata sepanjang tahun yakni berkisar 2000 mm dan baik pada ketinggian rata-rata 500 meter diatas permukaan laut.
            Ditinjau dari faktor iklim diatas maka Indonesia sangat berpotensi sebagai negara penghasil terbesar produksi minyak kelapa sawit yang juga didukung oleh luas lahan perkebunan yang sangat besar.

            Adapun jenis kelapa sawit yang dikenal ialah jenis Dura, Pisifera dan Tenera. Ketiga jenis ini dapat dibedakan berdasarkan penampang irisan buah, dimana buah jenis Dura memiliki tempurung yang tebal dan daging yang tipis, buah jenis Pisifera memiliki inti yang kecil dan tempurung yang tipis sedangkan buah jenis Tenera yang merupakan hasil persilangan antara Dura dan Pisifera menghasilkan komposisi yang seimbang antara daging buah dan inti sehingga buah Tenera merupakan jenis unggul yang dikembangkan di perkebunan-perkebunan kelapa sawit saat ini.
Kelapa sawit yang menjadi komoditi penting saat ini dan sudah banyak ditanam di Indonesia terutama di pulau Sumatera, Kalimantan dan belakangan ini mulai dikembangkan di pulau Sulawesi dan Irian Jaya. Sejalan dengan berkembangnya perkebunan-perkebunan itu maka berdirilah pabrik-pabrik kelapa sawit untuk mengolah Tandan Buah Segar (TBS) yang dihasilkan dari perkebunan tersebut. Pabrik kelapa sawit merupakan bagian dari agroindustri yang menjadi industri hulu, dimana hasil produksinya menjadi bahan baku bagi industri-industri hilir seperti :
-          Industri Minyak goreng
-          Industri Makanan
-          Industri Farmasi
-          Industri Kosmetik
-          Industri Logam, karoseri otomotif dan tinta cetak serta bahan industri lainnya.

Translate to : by

0 komentar:

Poskan Komentar

SPONSOR WEBSITE

Google Website Translator

Cari Blog Ini

Memuat...