lulus tanpa uang

7 cara ampuh atasi bekas jerawat

Jerawat sering memicu timbulnya krisis percaya diri. Bukan hanya ketika meradang di sekujur wajah, jerawat juga menyandera kepercayaan diri saat meninggalkan noda-noda hitam membandel di lapisan kulit.

Jika masalah itu menyerang Anda, coba atasi noda bekas jerawat dengan cara berikut, seperti dilansir dari Beauty Riot:


1. Cegah jerawat dengan perawatan wajah rutinCara terbaik menghindari bercak-bercak luka pada wajah adalah dengan menghindari munculnya jerawat di permukaan kulit cantik Anda. Karenanya, jangan lupa untuk selalu mencuci muka sebelum Anda terlelap
dan gunakan serum vitamin wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Jika jerawat sudah terlanjur muncul, jangan coba-coba untuk menggaruk atau mengeluarkan isinya. Menurut Whitney Johnson, Global Education Developer pada The International Dermal Institute, menggaruk dan mengeluarkan isi jerawat adalah kesalahan utama pemicu noda bekas jerawat.

Lebih baik merawatnya dengan menggunakan perawatan yang mengandung benzoil peroksida, asam salisilat atau belerang. Bahan-bahan tersebut akan membantu mengecilkan jerawat dengan cepat, memberikan Anda waktu yang sedikit untuk menciptakan bekas luka.

2. Atasi peradangan dengan cara benarHampir setiap jerawat akan mengalami peradangan dan kemerahan. Dengan mengatasi peradangannya, risiko munculnya bekas luka pun semakin kecil. Carilah bahan-bahan yang dapat mengatasi peradangan seperti ragi, licorice, teh hijau, dan oat.

3. Lawan luka jerawat baruJika Anda tidak sengaja menggaruknya atau terlanjur melukainya, segera obati luka jerawat yang terbuka tersebut dengan menggunakan exfoliant ringan. Bahan ini dapat menyingkirkan sel kulit bekas luka dan membantu menyembuhkan luka jerawat. Gunakan bahan-bahan seperti ekstrak beras, asam salisilat atau asam laktat.

Mengapa dipilih exfoliant yang ringan? Karena luka tersebut masih tergolong luka baru. Jika Anda terlalu dalam atau terlalu sering melakukan pengelupasan pada kulit jerawat, Anda justru smeakin membuatnya meradang dan mengiritasi kulit sehingga luka jerawat akan lebih dalam.

4. Perangi bekas jerawat lamaAtasi luka bekas jerawat yang telah lama menghiasi wajah Anda dengan produk-produk exfoliating dan pencerah yang mengandung ekstrak beras, asam laktat dan vitamin A. Produk-produk tersebut dapat membantu mengurangi bercak kemerahan dan coklat tua pada wajah.

5. Hilangkan lubang bekas jerawatJerawat kerap kali meningkalkan lubang-lubang pada wajah dan membuat wajah bak kulit jeruk. Walaupun sulit untuk menghilangkannya, Anda dapat mencoba proses exfoliating secara rutin. Gunakan produk yang lembut sehingga tidak memperburuh wajah Anda. Jika bekas luka terlalu dalam, dan Anda tidak dapat mengilangkannya, sudah saatnya Anda
menemui dokter kulit terpercaya.

6. Hilangkan lubang dengan jasa dokterUntuk menghilangkan lubang-lubang dalam bekas jerawat, dokter kulit Anda akan memberikan Anda retinoid seperti Retin A Micro. Dr. Vic Narurkar dari Bay Area Laser Institute di San Francisco, menyarankan Anda untuk menanyakan tentang terapi laser Fraxel atau biasa disebutnya "standar emas untuk mengobati  bekas jerawat."

Selain itu, dokter kulit pun dapat memberikan Juvederm untuk membantu bekas luka cekung sehingga terlihat mulus.

7. Sembunyikan bekas jerawatTidak dapat menunggu proses penyembuhan bekas jerawat? Mungkin Anda dapat menyiasatinya dengan menggunakan make up.

Gunakan conclear. Untuk memilih conclear yang tepat, Anda harus memilih conclear yang non-comedogenic, Anda dapat melihatnya pada kemasan dengan tulisan non-acnegenic. Gunakan conclear yang sesuai warna kulit dan hindari warna yang kemerahan. Namun, jika terdapat banyak lubang pada wajah, gunakan conclear yang satu warna lebih cerah dari warna kulit Anda.

Untuk membantu kerja conclear, gunakan primer untuk menghaluskan permukaan kulit.

Jika wajah Anda dihiasi dengan banyak bercak merah, Anda dapat menggunakan color corrector. Gunakan color corrector berwarna hijau untuk bercak kemerahan, gunakan warna karat untuk bercak abu-abu gelap atau ungu untuk menetralkan warna tersebut.

Untuk wajah dengan bercak merah, ungu atau abu-abu, aplikasikan color corrector dengan menggunakan jari pada bercak tersebut. Lalu, tumpuk dengan conclear yang sesuai. Pastikan conclear merata dengan baik. Selesaikanlah dengan foundation untuk meratakan warna kulit.

Untuk wajah berlubang, aplikasikan primer untuk menghaluskan permukaan. Lalu, aplikasikan conclear berwarna lebih terang satu warna dnegan warna kulit pada area yang berlubang. Pastikan merata dengan baik


Translate to : by

0 komentar:

Poskan Komentar

SPONSOR WEBSITE

Google Website Translator

Cari Blog Ini

Memuat...