lulus tanpa uang

PRESENTASI BUKAN KARTU MATI


 

Mendengar kata presentasi, banyak di antara kita yang mendadak jadi keringat dingin.Bukan takut proses pembuatannya, tapi justru saat mempresentasikannya.Jadi apa yang harus anda siapkan agar presentasi berjalan lancar dan bebas dari rasa panik yang berlebihan? Menurut Tina Santy Flaherty, penulis Talk Your Way to the Top, ada kunci –kunci yang perlu dimiliki setiap presenter.Bila ini dikuasai, dijamin ide anda akan tersampaikan dengan baik dan lancar.

Jelas, Tepat

Usahakan presentasi anda memakan waktu kurang dari 25 menit.Lebih dari itu, para pendengar Akan bosan.
Gunakan kalimat-kalimat pendek dengan kata kerja aktif.Misalnya,hindari kata,”proyek ini akan diselesaikan dalam waktu 2 minggu.”Tapi katakan,”Kami siap menyelesaikan proyek ini dalam 2 minggu.”
Bila presentasi anda harus menghadirkan deretan angka, ucapkan dengan tempo yang agak lambat.Kalau perlu, ambil jeda beberapa detik setiap usai mengucapkan deretan angka.


Again and Again

Ulangi presentasi anda dengan suara keras sampai 10 kali.Ini akan membantu Anda mengingat setiap bagian dengan lebih cermat dan teliti.
Beri perhatian khusus pada kalimat-kalimat panjang dan sering mengganjal di lidah (biasanya yang menyangkut istilah teknis, bahasa asing, dan angka-angka).
Rekam suara anda , dan dengarkan:apakah anda bicara terlalu cepat?Terlalu lambat?Terlalu lemah dan tak semangat?Atau terlalu semangat sehinggga yang mendengar seakan kelelahan?Minta rekan kerja untuk mendengar anda berlatih.Lalu minta input-nya.

Di Matamu Ada Aku

Coba hafalkan halaman pertama presentasi , agar saat mengucapkannya ,anda bisa memandang lurus ke arah peserta acara dan menjalin kontak mata.Setiap peserta berhak mendapat tatapan mata anda, setidaknya sampai 5 hitungan.Jangan alihkan pandangan sebelum hitungan kelima selesai.
Bila peserta lebih dari 10 orang, maka aturlah pandangan pandangan anda dengan arah kiri, tengah, dan kanan.

It’s Fun

Awali presentasi anda dengan lelucon ringan/anekdot yang dipahami oleh semua peserta.
Gunakan alat dan perlengkapan lain yang membuat presentasi anda jauh lebih menarik.Tetapi ingat juga, meski alat-alat bisa menghidupkan suasana, usahakan agar tidak merepotkan anda waktu menggunakannya.


Color Me Beautiful
Untuk memudahkan pendengar menangkap presentasi anda, gunakan slides gambar berwarna yang memanjang.Misalnya, saat statistik menunjukkan peningkatan, tambahkan gambar anak merangkak tangga.Saat angka menurun, gunakan gambar roller coaster yang bergerak turun dengan drastis.Dalam memilih gambar, jangan sampai menyinggung klien anda atau masalah SARA.

Triple T

Bila anda menggunakan overhead projector (OHP), usahakan agar setiap lembar presentasi tak memuat banyak kalimat.Maksimal 6 baris kalimat pendek, atau kalimat yang tak selesai.Gunakan kalimat-kalimat ini sebagai pemancing keterangan lebih lengkap.Hal ini perlu dilakukan agar yang hadir memperhatikan anda, dan bukannya membaca teks yang tertera pada lembar presentasi.
Saat membaca lembar presentasi yang dipantulkan oleh OHP, anda perlu melakukan 3 T:Touch,Turn,Talk.Artinya, sentuh/tunjuk pantulan OHP di layar, berbalik dan bicara/sampaikan presentasi anda.Jangan bicara sambil menghadap pantulan di layar alias membelakangi yang hadir.Pertama, ini kurang sopan.Kedua,suara anda akan kurang jelas terdengar.


Hard Copies, Hard to Get
Saat presentasi, usahakan agar peserta hanya memperhatikan anda.Jadi, simpanlah semua bahan presentasi yang akan dibagikan hingga saat terakhir.Bila anda mempresentasikan story-board, atau gambar-gambar besar, jauhkan semua itu dari jangkauan mereka. Jangan biarkan mereka menyentuhnya sebelum presentasi anda usai.bila semua telah selesai, barulah Anda edarkan ke peserta.

Fleksi, Maksi

Saat presentasi , jangan biarkan tubuh berdiri kaku.Juga jangan ijinkan tangan terpaku pada satu posisi baik di depan,di belakang tubuh, atau di saku.biasanya.Kalau anda sudah memegang sesuatu,alat itu kan jadi mainan dan justru menganggu konsentrasi pendengar anda.
Biarkan tangan bergerak lepas, mengikuti topik bahasan anda.Gerakan itu akan membuat pesan anda lebih terserap secara maksimal.





Translate to : by

0 komentar:

Poskan Komentar

SPONSOR WEBSITE

Google Website Translator

Cari Blog Ini

Memuat...